Friday 6 July 2018

Review Berbagai Macam Makanan dari Madura yang Bikin Nagih Banget

Assalamualaikum 
Kali ini aku mau buat review mengenai makanan-makanan dari Madura yang asli bikin nagih bgttttttt !
Sebelumnya aku mau cerita sedikit. Sebenernya aku adalah makhluk imigran dari pulau Jawa lebih tepatnya Jawa Timur ke pulau Madura sampe saat ini  kurang lebih udah 1 tahunan lah yaa. Sebagai orang baru tentunya aku merasa asing dong, baik itu segi lingkungan, cuaca dan makanan khas pastinya juga berbeda.






RUJAK ONTAL


Rujak Ontal ini isi utamanya sama saja seperti rujak yang lain, seperti mangga, bengkoang,timun, pepaya, kedondong dan lainnya. Bedanya di rujak ontal ini ada tambahan mie bihun, telur puyuh dan kerupuk. Tapi ada 1 nih yang bikin rujak ini beda dari yang lainnya alias anti mainstream.Yak, bumbunya sudah pasti beda sama rujak lainnya. Bumbu yang di pake rujak ontal ini ada 2 macam, yang satu dalam bentuk cair atau encer dan yang satunya lagi bentuknya lebih kental. Bumbu rujak ontal ini terbuat dari petis khas Madura, yang mana petis tersebut terbuat dari sari ikan. Rasa petis ini sedikit asin, tapi asinnya bukan asin garam melainkan asin dari sari ikan, teksturnya lembut kental dan lengket seperti gulali. Cara pengolahan petis ini untuk rujak cukup mudah. Cukup menggerus petis ini bersama cabai dan tomat saja hingga kekentalan dari petis ini sedikit berkurang. Tomat disini digunakan sebagai pengganti air. Wah, tentu sudah terbayang bukan bagaimana rasa asin dari petis, sedikit asam dari tomat berbaur dengan pedasnya cabai dan di makan dengan buah saat siang hari. Rasa yang sangat pas pastinya. Bumbu yang kedua dari rujak ontal ini sama, hanya saja bentuknya encer, bau ikan leih tercium dan disajikan dalam keadaan hangat sebagai kuah. 
Harga rujak ontal ini cukup terjangkau, mulai dari Rp5000 rupiah sampe sesuai selera.


Rujak Kambang

Review yang kedua yaitu Rujak Kambang. Masyarakat sekitar sering menyebutnya Rujak Kambeng. Kata Kambang/Kambeng itu sendiri diartikan dengan istilah mengambang/mengapung. Dari tampilan sekilas nampak biasa, namun rasanya sudah pasti jauh berbeda. Bumbu rujak ini terbuat dari petis khas Madura, tetapi disajikan dalam bentuk kuah yang melimpah. Tidak heran jika rujak ini dijuluki dengan Rujak Kambang. Dan tentunya sensasi memakan rujak ini pun akan terasa berbeda. 
Harga yang di patok juga tidak menguras kantong. Cukup merogoh uang Rp5000 saja kita sudah bisa merasakan nikmatnya dari rujak kambang ini. 
 
Jika  anda mengunjungi pulau Madura, sempatkan diri anda untuk mencicipi makanan khas dari Madura ini.
Itulah sedikit review dari aku mengenai makanan khas dari Madura.
Semoga Bermanfaat 
Arigatou ^^

2 comments:

  1. Waaahh Andes kun punya blog juga ternyata 😂.
    Arigatou Andes kun hehe 😅😆

    ReplyDelete